Apa yang Harus Anda Perhatikan Saat Berlari di Pantai?

Jasa Travel Pulau Seribu Terbaik – Apa yang bisa lebih baik daripada matahari, pasir, dan ombak? Nah, terlepas dari semua manfaat berlari di pantai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mulai. Beberapa pantai mungkin memiliki kerang atau benda tajam lainnya yang dapat menusuk kaki Anda. Jika ini masalahnya, selalu pakai sepatu saat berlari.

Cobalah untuk berlari di atas pasir basah, karena lebih padat daripada pasir yang kering dan lembut. Pasir basah menciptakan permukaan yang lebih stabil daripada pasir lembut, yang menciptakan tingkat ketidakstabilan yang lebih tinggi. Jika Anda menyukai tantangan, larilah bergantian antara pasir keras dan lembut. Misalnya, cobalah lari 3-5 menit di pasir yang keras diikuti dengan jogging atau berjalan di pasir lembut selama 2-3 menit. Ikuti pola ini selama latihan Anda.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mengenakan sepatu, terutama jika Anda baru mengenal lari pantai. Saat kaki, pergelangan kaki, dan lutut Anda semakin kuat, beralihlah dengan berlari tanpa alas kaki. Namun, mulailah dengan lari pendek untuk memungkinkan tubuh Anda, dan terutama kaki Anda, beralih dari sepatu ke bertelanjang kaki.

Dan terakhir, cobalah mencari pantai dengan permukaan yang rata. Banyak pantai memiliki permukaan miring, yang dapat menambah tekanan pada pinggul dan lutut. Jika Anda harus berlari di permukaan yang miring, pastikan untuk berlari setengah jarak ke satu arah, lalu berbalik dan lari kembali. Strategi ini akan menempatkan jumlah tekanan yang merata di kedua sisi tubuh alih-alih satu sisi menerima tekanan.

Siapa yang Harus Menghindari Berlari di Pantai?

Berlatih di luar ruangan adalah cara terbaik untuk melakukan cross-train, mendapatkan vitamin D, menghirup udara segar, dan mendapatkan pemandangan. Dengan kata lain, itu tidak selalu merupakan solusi sempurna untuk latihan Anda. Dan sayangnya, beberapa orang harus menghindari berlari di pantai.

Jika Anda mengalami cedera lutut atau pergelangan kaki, hindari berlari di pantai. Anda juga harus menempel pada permukaan yang lebih keras jika pergelangan kaki Anda lemah karena keseleo atau robek sebelumnya. Plantar fasciitis, yang merupakan peradangan pada fasia yang menghubungkan tumit ke bagian depan kaki Anda, adalah cedera lain yang dapat memburuk saat berlari di pantai.

Jika Anda menderita plantar fasciitis tetapi masih ingin mencoba lari di pantai, pastikan untuk memakai sepatu yang mendukung. Anda mungkin juga ingin berbicara dengan ahli penyakit kaki atau ahli terapi fisik sebelum memulai.

Baca Juga: Tips untuk Mendapatkan Hasil Maksimal dari Berjalan di Pantai

Tips Lari di Pantai

Berlari di pantai tidak memerlukan keanggotaan gym yang mahal, pakaian mewah, atau peralatan khusus, tetapi beberapa tips dapat membantu Anda memanfaatkan waktu Anda di pantai.

  • Luangkan waktu untuk pemanasan. Luangkan setidaknya 5 menit untuk melakukan pemanasan seluruh tubuh yang dinamis. Hemat waktu untuk glutes, paha belakang, paha depan, otot betis, dan pergelangan kaki Anda. Sertakan ayunan kaki, lutut tinggi, lunge ke depan, tendangan pantat, kenaikan betis, dan rotasi pergelangan kaki duduk.
  • Berjalanlah sebelum berlari. Berjalanlah di pantai terlebih dahulu untuk menyesuaikan diri dengan permukaan saat Anda mengamati rutenya. Untuk tamasya pertama Anda, berjalan saja. Lain kali, bergantian antara interval berlari dan berjalan. Lanjutkan latihan interval sampai Anda merasa siap untuk berlari sepanjang waktu.
  • Lindungi kulit Anda dari sinar matahari. Kenakan tabir surya pada kulit yang terbuka, dan pertimbangkan untuk memakai kacamata hitam dan topi atau pelindung wajah untuk melindungi wajah Anda dari sinar ultraviolet.
  • Santai saja saat berjalan ke pantai. Untuk meminimalkan cedera, mulailah dengan jogging 20 menit, 2-3 hari seminggu. Anda dapat secara bertahap menambahkan waktu saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan permukaan baru. Ingat, kecepatan Anda akan lebih lambat daripada saat berlari di permukaan yang keras.
  • Hindari jam-jam yang paling panas. Berlari di siang hari yang paling panas dapat menyebabkan kelelahan karena suhu panas dan cukup menantang. Itu juga bisa melukai bagian bawah kaki Anda jika Anda berlari tanpa alas kaki. Idealnya, cobalah untuk berlari di pagi atau sore hari.
  • Tetap terhidrasi. Minum air sebelum, selama, dan setelah berolahraga adalah saran yang baik, apa pun aktivitas yang Anda lakukan. Tetapi jika Anda pergi ke luar ruangan dalam suhu yang lebih hangat, Anda harus tetap terhidrasi . Pertimbangkan botol air pegangan tangan atau kenakan sabuk lari.

Dan jika Anda ingin berwisata dan menikmati waktu liburan di manapun dalam area Pulau Seribu, ada CV. Nusa Putra penyedia jasa travel Pulau Seribu terbaik yang siap membantu serta memenuhi kebutuhan Anda. Meskipun baru 10 tahun kami bergerak di bidang ini, kami selalu mengutamakan dan memaksimalkan layanan untuk kepuasan Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang legalitas kami, karena CV. Nusa Putra sudah berbadan hukum dan juga memiliki legalitas yang lengkap. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan jasa travel Pulau Seribu terbaik bersama CV. Nusa Putra!