Tips untuk Mendapatkan Hasil Maksimal dari Berjalan di Pantai

Paket Wisata Pulau Seribu – Tidak ada yang lebih menenangkan daripada berjalan di pantai. Dari ombak yang sejuk dan pasir yang hangat hingga pemandangan orang-orang dan matahari terbenam yang indah, pantai itu sangat menawan dan penuh fantasi, penuh petualangan dan romansa. Tetapi pantai menawarkan lebih dari sekadar latar belakang yang indah: Ada banyak manfaat kesehatan dari jalan-jalan di area berpasir. Berjalan di area pantai merupakan salah satu cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran serta melatih tubuh Anda.

Berjalan juga merupakan cara yang bagus untuk dapat membakar kalori dan tetap aktif, tetapi jenis area permukaan untuk Anda berjalan bisa memiliki efek yang drastis pada punggung serta tulang belakang Anda. Permukaan yang lebih lembut seperti rumput dan pasir akan membantu mencegah berkembangnya kondisi degeneratif seperti arthritis tulang belakang. Berjalan di pantai juga membakar banyak kalori. Dan berikut inilah semua yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil maksimal dari berjalan di pantai.

Apa Manfaat Jalan-Jalan di Pantai?

Berjalan di atas area berpasir membutuhkan usaha yang lebih daripada jika dibandingkan dengan berjalan di area permukaan yang keras. Otot serta tendon tubuh Anda akan bekerja lebih keras, dan ini dapat memperkuat kaki serta pergelangan kaki Anda. Jadi secara otomatis jalan-jalan di area pantai akan membakar lebih banyak jumlah kalori daripada berjalan-jalan di trotoar. Berjalan di pantai sangat ideal bagi mereka yang mengalami nyeri pada lutut, punggung, dan pinggul, karena pasir mengurangi tekanan pada tubuh, sehingga memudahkan tulang dan persendian.

Berada di luar dan dikelilingi oleh ritme ombak memiliki efek menenangkan pada sistem saraf kita. Berjalan di pantai dapat membantu menghilangkan stres dan sinar matahari dapat membantu tubuh kita mensintesis vitamin D. Merasakan pasir dengan kaki telanjang juga dapat menciptakan perasaan membumi.

Manfaat kesehatan lainnya termasuk:

  • Pengelupasan. Pasir adalah exfoliant alami. Berjalan di pantai tanpa menggunakan alas kaki akan dapat mengangkat sel-sel kulit mati serta melembutkan telapak kaki Anda.
  • Latihan kekuatan. Peningkatan kekuatan semacam ini akan memperkuat otot-otot antara kaki serta punggung Anda, terutama pada bagian betis, paha depan, dan juga glutes Anda.
  • Penurunan berat badan. Berjalan di area pantai bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan lebih signifikan. Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa berjalan di atas pasir menyebabkan pengurangan lingkar pinggang yang lebih besar daripada berjalan di trotoar, masing-masing 5,3 cm versus 3 cm.
  • Risiko cedera berkurang. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa latihan pasir membangun kekuatan dan mencegah cedera karena fakta bahwa ada sedikit benturan.

Baca Juga: Kenali dan Pelajari Manfaat Laut Bagi Anak-Anak

Tips Jalan-Jalan di Pantai

Jika Anda siap untuk berjalan kaki dari jalan ke pasir, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor, termasuk:

  • Kepadatan pasir. Pasir yang lebih lembut lebih mudah menempel pada tulang dan persendian Anda daripada pasir yang basah dan padat, karena lebih apung. Pasir yang lebih lembut juga akan membantu membangun lebih banyak ketahanan dan kekuatan. Tetapi perhatikan bahwa jika Anda memiliki cedera tubuh bagian bawah, mungkin yang terbaik adalah berjalan di atas pasir yang lebih kencang.
  • Jarak atau durasi berjalan Anda. Apakah Anda baru mengenal jalan-jalan berpasir? Jika demikian, santai saja dan bangun waktu serta kecepatan Anda secara perlahan. Bagaimanapun, ini adalah medan baru. Pasir akan membuat otot lelah yang mungkin tidak bekerja keras di treadmill atau trotoar.
  • Pasang dan surut. Penting untuk menyadari lingkungan Anda dan mengawasi ombak. Gelombang yang tidak terduga dapat menyebabkan Anda kehilangan pijakan dan bahkan menjatuhkan Anda.
  • Alas kaki. Beberapa orang lebih suka berjalan tanpa alas kaki, jika Anda ingin berjalan lebih lama, Anda akan ingin memakai sepatu atletik. Mereka akan menopang lengkungan dan pergelangan kaki Anda serta melindungi kaki Anda dari kaca, logam, atau cangkang tajam yang mungkin tersembunyi di pasir.
  • Anda juga harus minum banyak air, sebelum dan selama kegiatan Anda. Tidak yakin berapa banyak? Ambil beberapa teguk setiap 15 menit.
  • Anda juga harus memakai tabir surya. Bahkan pada hari yang mendung, sinar ultraviolet matahari dapat menyebabkan luka bakar.

Mengenakan penghitung kalori atau pelacak langkah juga dapat membantu Anda melacak latihan Anda. Dan jika Anda membutuhkan motivasi, pertimbangkan untuk berjalan saat matahari terbit atau terbenam atau dengan seorang teman. Memiliki pendamping dapat membuat Anda terus berjalan, bahkan saat Anda tidak menginginkannya.

Dan jika Anda ingin berwisata dan menikmati waktu liburan di manapun dalam area Pulau Seribu, ada CV. Nusa Putra penyedia paket wisata Pulau Seribu yang siap membantu serta memenuhi kebutuhan Anda. Meskipun baru 10 tahun kami bergerak di bidang ini, kami selalu mengutamakan dan memaksimalkan layanan untuk kepuasan Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang legalitas kami, karena CV. Nusa Putra sudah berbadan hukum dan juga memiliki legalitas yang lengkap. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan paket wisata Pulau Seribu bersama CV. Nusa Putra!