Berikut adalah 5 Alasan Mengapa Laut Begitu Penting

Paket Wisata Pulau Seribu – Kecuali Anda telah melakukan upaya manusia super untuk menghindari berita baru-baru ini, Anda akan tahu bahwa laut sangat penting bagi kehidupan di Bumi. Tapi mengapa, tepatnya, ini masalahnya? Berikut adalah lima alasan mengapa kita perlu menjaga masa depan kita melalui laut.

1. Membantu Kita Bernafas

Fitoplankton, organisme kecil seperti tumbuhan yang hidup di laut, bertanggung jawab atas setidaknya 50% oksigen di Bumi. Sama seperti tanaman darat, mereka mengandung klorofil untuk menangkap sinar matahari dan menggunakan fotosintesis untuk mengubahnya menjadi energi yang mereka butuhkan, menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan. Mereka juga mengkonsumsi karbon dioksida, mentransfer sekitar 10 gigaton karbon dari atmosfer jauh ke laut setiap tahun.

2. Membantu Mengatur Iklim

Laut menyerap panas dalam jumlah besar dari matahari. Lebih dari 90% pemanasan yang terjadi di Bumi selama 50 tahun terakhir terjadi di lautan. Panas itu cenderung paling intens di dekat khatulistiwa, dengan air yang paling dekat dengan permukaan memanas. Arus laut kemudian mengangkut panas itu ke seluruh dunia; utara dan selatan, menuju kutub. Karena sebagian air laut menguap, ia menjadi lebih padat dan lebih berat, karena kandungan garamnya yang relatif lebih tinggi. Itu menyebabkannya tenggelam, mengambil sebagian air hangat lebih dalam.

3. Laut adalah Sumber Makanan yang Penting

Ikan ada di menu untuk miliaran orang di seluruh dunia setiap hari. Jadi laut pastinya menyumbang hampir 16% dari semua protein hewani yang dikonsumsi secara global. Tentu saja, ada lebih banyak makanan laut daripada ikan, krustasea, dan makhluk lain yang dapat dimakan. Berbagai ganggang dan tumbuhan laut juga biasa digunakan dalam memasak.

Organisasi Pangan dan Pertanian dari PBB mencantumkan natrium, kalsium, magnesium, dan yodium di antara beberapa nutrisi penting dalam rumput laut. Kekurangan yodium telah diidentifikasi sebagai penyebab “paling umum dan mudah dicegah” dari gangguan perkembangan kognitif pada anak-anak.

Baca Juga: 4 Manfaat Traveling dan Mengapa itu Baik untuk Anda

4. Keanekaragaman Hayatinya Luar Biasa

Bukan hanya sebagai sumber makanan. Laut juga merupakan rumah bagi banyak kehidupan. Sementara perkiraan jumlah spesies yang hidup di laut ada, tidak ada yang tahu dengan pasti berapa jumlah itu.

Menurut US National Library of Medicine’s National Institutes of Health, 91% spesies di lautan masih menunggu deskripsi. Hal itu tidak terlepas dari luasnya lautan, yang menutupi sekitar 70% permukaan planet dan kedalamannya mencapai 11.000 meter. Jumlah makhluk yang belum ditemukan yang hidup di laut dapat dengan mudah mencapai jutaan.

5. Menciptakan Jutaan Lapangan Pekerjaan

Pada tahun 2030 nanti, industri berbasis laut akan mempekerjakan lebih dari 40 juta orang di seluruh dunia, menurut perkiraan laporan OECD. Porsi terbesar dari pekerjaan itu kemungkinan berada di sektor perikanan, diikuti oleh pariwisata. Kesehatan ekonomi industri maritim pada dasarnya terkait dengan kesehatan lautan secara keseluruhan. Ekonomi kelautan sangat penting di negara berkembang, yang merupakan rumah bagi sebagian besar dari 3 miliar orang yang bergantung pada laut untuk mata pencaharian mereka.

Tantangan seperti perubahan iklim, polusi, dan kurangnya kesadaran akan teknik pengelolaan laut yang berkelanjutan terus menempatkan sumber daya maritim dalam resiko. Itu akan membatasi manfaat sosial ekonomi potensial yang diwakili sumber daya tersebut untuk generasi mendatang, serta menghambat kemampuan orang untuk menghasilkan uang di masa sekarang.

Laut juga mengatur curah hujan dan kekeringan, menampung 97% air di planet kita, dan menyerap CO2, membantu menjaga keseimbangan siklus karbon. Dari makanan hingga pekerjaan, ini juga merupakan sumber kehidupan bagi miliaran orang. Tetapi laut juga merupakan lingkungan alam yang indah dengan peran rekreasi yang tak ternilai untuk dimainkan. Dan dengan penelitian yang menunjukkan hubungan antara menghabiskan waktu di alam dan menurunkan tingkat stres Anda, itu mungkin hal lain yang layak dipertahankan.

Dan jika Anda ingin berwisata dan menikmati waktu liburan di manapun dalam area Pulau Seribu, ada CV. Nusa Putra penyedia paket wisata Pulau Seribu yang siap membantu serta memenuhi kebutuhan Anda. Meskipun baru 10 tahun kami bergerak di bidang ini, kami selalu mengutamakan dan memaksimalkan layanan untuk kepuasan Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang legalitas kami, karena CV. Nusa Putra sudah berbadan hukum dan juga memiliki legalitas yang lengkap. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan paket wisata Pulau Seribu bersama CV. Nusa Putra!