10 Manfaat Tak Terduga Menghabiskan Waktu di Alam

Jasa Travel Pulau Seribu Terbaik – Sedikit udara segar, matahari di kulit kita, bertelanjang kaki di pasir; menghabiskan waktu di luar dapat membawa begitu banyak kesenangan kecil, membuat kita merasa segar dan segar kembali. Apakah itu berarti duduk di teras salah satu cottage Pulau Seribu sambil menyeruput es teh atau pergi untuk petualangan snorkelling yang mendebarkan, menemukan waktu untuk menghabiskan waktu di luar rumah memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya mungkin mengejutkan Anda!

1. Meningkatkan Memori Jangka Pendek

Siapa sangka sedikit waktu dengan bunga dan pepohonan serta air pantai ternyata bisa meningkatkan daya ingat Anda? Para ahli melakukan penelitian yang mengungkapkan bahwa siswa yang secara teratur pergi jalan-jalan di alam sebenarnya memiliki waktu yang lebih baik untuk menyimpan informasi.

2. Mengurangi Stres

Di dunia yang dibanjiri oleh layar atau monitor, terkadang meluangkan waktu untuk mematikannya dan pergi keluar dapat membantu mengurangi stres. Alam memiliki efek menenangkan pada otak kita. Sebagai bonus tambahan, olahraga di luar ruangan, seperti berjalan-jalan, bermain canoe, dan sebagainya, membuat darah mengalir dan jantung terpompa, cara lain untuk menurunkan tingkat stres.

3. Meningkatkan Kadar Vitamin D

Tentu, terlalu banyak sinar matahari dapat merusak kulit dan mungkin menyebabkan kanker. Dikatakan demikian, penelitian menunjukkan bahwa mendapatkan antara 15 hingga 20 menit sehari sinar matahari akan memungkinkan tubuh Anda menyerap vitamin D, yang membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko kanker, diabetes tipe 1, dan multiple sclerosis.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menghabiskan waktu dalam cahaya alami membantu tubuh kita mengatur pola tidur dengan lebih baik. Saat matahari terbenam, otak kita akan melepaskan kadar melatonin yang tepat untuk membantu mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa pergi ke luar ruangan dan mendapatkan cukup sinar matahari dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pastikan untuk berjalan-jalan di luar atau menikmati sedikit kesenangan di luar ruangan untuk membantu melawan penyakit dan tetap sehat.

Baca Juga: 6 Manfaat Hebat dari Healing Senyap

6. Meningkatkan Kebahagiaan

Anda dapat menemukan semua jenis aktivitas berbeda di luar ruangan untuk semua tingkat kebugaran dan preferensi. Entah itu berenang di laut, mengajak hewan kesayangan jalan-jalan di pinggir pantai, atau bersepeda, menemukan aktivitas luar ruangan yang kita sukai akan meningkatkan mood Anda dan membantu Anda merasa lebih bahagia. Ditambah menghabiskan waktu di alam meningkatkan kesejahteraan mental.

7. Mengurangi Peradangan

Peradangan dalam tubuh dapat menyebabkan segala macam gangguan, mulai dari depresi dan kanker hingga penyakit autoimun. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan sedikit waktu setiap minggu berjalan di alam mengalami tingkat peradangan yang lebih rendah dalam tubuh.

8. Meningkatkan Penglihatan

Kita menghabiskan banyak waktu menatap layar, yang dapat merusak penglihatan. Pergi ke luar membuat mata kita istirahat dari menatap komputer, televisi, atau smartphone. Ilmuwan Australia bahkan menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan mengurangi risiko terkena miopia di kemudian hari.

9. Menginspirasi Kreativitas

Alam hadir dalam banyak warna, mulai dari matahari terbenam di langit jingga hingga air laut yang hijau dan taman berwarna-warni. Menghabiskan waktu di luar ruangan memberi kesempatan untuk terinspirasi oleh semua pemandangan, aroma, dan suara alam yang indah. Ilmu pengetahuan juga mendukungnya, menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan benar-benar membantu mengalirkan kreativitas kita.

10. Mengembangkan Rasa Spiritualitas yang Lebih Dalam

Berjalan-jalan di alam sendiri memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran dan bahkan dapat dianggap sebagai jenis meditasi. Menghabiskan waktu di alam membantu kita hidup di saat kita menghirup udara, mendengarkan suara kicau burung, atau merasakan rerumputan di kaki kita. Alam bahkan dapat mengajarkan pelajaran berharga dan mengungkapkan metafora untuk membantu kita terhubung dengan spiritualitas kita.

Dan jika Anda ingin berwisata dan menikmati waktu liburan di manapun dalam area Pulau Seribu, ada CV. Nusa Putra penyedia jasa travel Pulau Seribu terbaik yang siap membantu serta memenuhi kebutuhan Anda. Meskipun baru 10 tahun kami bergerak di bidang ini, kami selalu mengutamakan dan memaksimalkan layanan untuk kepuasan Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang legalitas kami, karena CV. Nusa Putra sudah berbadan hukum dan juga memiliki legalitas yang lengkap. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan jasa travel Pulau Seribu terbaik bersama CV. Nusa Putra!